Keutaman Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jum'at

Keutaman Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jum'at

Hello friends, yang kita ketahui Hari Jum’at merupakan hari yang mulia. Bukti kemuliaannya yaitu Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Dan juga ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya, khususnya pelaksanaan shalat Jum’at berikut amal-amal yang mengiringinya.


Membaca Surat Al-Kahfi

Salah satu amal ibadah khusus yang istimewa pelaksanaannya di Hari Jum'at yaitu membaca surat Al-Kahfi. Berikut dalil dan keutamaannya.
  • Dari Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, dari Nabi SAW bersabda: 
"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq (Ka'bah)." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)
  • Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu :
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)


  • Dari Muaz Ibnu Anas Al-Juhari, Nabi SAW bersabda:
"Siapa yang membaca dari Surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR. Ahmad)

Kapan Membacanya?

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya. Dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada Hari Jum’atnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada Hari Jum’at.

Imam Al-Syafi'i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum'at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya. (Al-Umm, Imam al-Syafi'i: 1/237).


Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan untuk membaca awal-awal surat Al-Kahfi agar terlindung dari fitnah Dajjal. Dalam riwayat lain disebutkan akhir-akhir surat Al-Kahfi yang dibaca. Intinya, surat Al-Kahfi yang dibaca bisa awal atau akhir surat. Dan yang lebih sempurna adalah menghafal seluruh ayat tersebut.

Dari Abu Darda', Nabi SAW bersabda: "Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka dia akan terlindungi dari (fittnah) Dajjal," (HR. Muslim)

Imam Muslim berkata, Syu’bah berkata, “Dari bagian akhir surat Al-Kahfi.” Dan Hammam berkata, “Dari permulaan surat Al-Kahfi.” (Shahih Muslim, Kitab Shalah Al-Mufassirin, Bab; Fadhlu Surah Al-Kahfi wa Aayah al-Kursi: 6/92-93)

Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat Al-Kahfi itu tedapat/ berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal. Demikian juga pada akhirnya, yaitu firman Allah:

اَفَحَسِبَ الَّذِ يْنَ كَفَرُ وْا اَ نْ يَّتَّخِذُ وْا عِبَ دِ يْ مِنْ دُ وْ نَيْ اَ وْ لِيَءَ

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? . . .” QS. Al-Kahfi: 102. (Lihat Syarah Muslim milik Imam Nawawi: 6/93)

Sekian dulu friends artikel dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Karena berlebihan kurang baik dan kekurangan juga gak enak, jadi yang apa adanya aja yaa (just kidding). Yang buruk datangnya dari saya dan yang baik datangnya dari Allah SWT. Wassalamualaikum wr.wb.

Comments

Popular Posts